5 Hal Penting Saat Kamu Terkena Flu

Saat flu dan batuk menyerang, berbagai gejala seperti demam, pegal-pegal, sakit kepala dan lainnya pun ikut datang. Bila tidak segera ditangani, aktivitas kita sehari-hari juga akan ikut terganggu. Namun, sudahkah Anda menangani flu dengan benar?

Kita mungkin sudah berusaha untuk menghindarkan diri dari flu, namun ada kalanya kita tetap juga tertular penyakit yang satu ini. Sebenarnya, beberapa ahli naturopati mengungkapkan bahwa terkena flu sesekali itu baik bagi tubuh kita, karena infeksi virus tersebut dapat membantu “melatih” daya imun tubuh kita agar lebih kuat di kemudian hari.

Lalu, apa yang harus kita lakukan saat terkena flu? Simak tips berikut!

Istirahat yang cukup

Kesibukan di kantor memang menunggu kita setiap harinya, namun Anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk beristirahat di rumah saat terkena flu. Tidur akan membantu recharge tubuh dan memulihkan daya imun kita yang sedang melemah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan waktu tersebut melepaskan diri sejenak dari kepenatan karena pekerjaan. Anda dapat membaca buku yang sudah lama Anda beli namun belum sempat Anda sentuh, atau menonton film yang belum sempat Anda saksikan, apalagi jika film tersebut dapat membuat Anda tertawa. Riset para ahli menunjukkan bahwa tertawa merupakan obat yang manjur bagi tubuh kita karena selain dapat menurunkan hormon penyebab stres, tertawa juga dapat meningkatkan daya imun tubuh [1].

Perbanyak minum

Air putih atau jus buah sangat baik bagi tubuh apalagi saat Anda terkena flu yang disertai demam. Dengan mengonsumsi banyak air, tenggorokan yang kering akan terasa lebih lega, dan tubuh pun akan terhindar dari dehidrasi. Jika hidung Anda terus mengeluarkan ingus, Anda dapat mencoba meredakannya dengan meminum air hangat yang diberi irisan lemon dan satu sendok makan madu.

Konsumsi Sup Ayam

Konsumsi sup ayam baik bagi Anda yang sedang mengalami flu. Ayam mengandung zat carnosine yang terbukti secara klinis dapat membantu meningkatkan daya imun terutama pada masa-masa awal infeksi virus penyebab flu serta membantu mengurangi inflamasi pada hidung dan tenggorokan[2]. Tambahkan sayuran pada sup ayam Anda dan santap saat masih hangat.

Hati-hati konsumsi obat flu

Hindari konsumsi obat yang berlebihan. Saat terkena flu, pada umumnya hal pertama yang terlintas di pikiran kita adalah meminum obat. Namun tahukah Anda, kebanyakan obat flu mengandung paracetamol yang berisiko membahayakan organ hati. Sebuah penelitian di Edinburgh University menemukan sejumlah besar orang mengalami overdosis paracetamol, hal ini terjadi karena mereka mengonsumsi beberapa jenis obat flu tanpa menyadari kandungan paracetamol di dalamnya, serta mengonsumsi paracetamol sebagai obat penurun demam. Lebih dari 160 pasien pasien yang mengalami masalah liver terjadi karena konsumsi obat flu konvensional yang mengandung paracetamol[3].

Konsumsi Echinacea

Echinacea atau purple coneflower adalah salah satu herbal yang paling dikenal  untuk mengatasi flu. Echinacea bekerja secara unik meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dengan cara menguatkan sistem imun  sehingga tubuh dapat melawan virus-virus yang datang. Khasiat Echinacea telah dibuktikan oleh suku Indian Oglala Lakota sejak jaman dahulu. Penelitian para ahli juga menunjukkan bahwa kombinasi herb dan akar Echinacea memberikan hasil yang lebih efektif untuk menyembuhkan gejala flu[4][5].

Referensi:

[1] Bennett MP, Lengacher C. Evid Based Complement Alternat Med. 2009 June; 6(2):159-164. Doi10.1093/ecoma/nem149

[2] Rennard BO, et al. Chest 2000 Oct; 118(4):1150-7

[3] Craig DGN et al. British Journal of Clinical Pharmacology 2011 DOI: 10.1111/j.1365-2125.2011.04067.x

[4] The Cochrane Database of Systematic Reviews 2006, Issue 1. Art. No: CD000530.pub.

[5] Jawad, M, Schoop R, Suter A, Klein P, Eccles R. Evid Based Complement Alternat Med. 2012.Doi 10.1155/2012/841315

Bagaimana Echinacea membantu Anda

Echinacea merupakan herba yang telah digunakan sejak dahulu kala sebagai obat tradisional untuk meredakan gejala flu. Suplemen A.Vogel Echinaforce membantu meningkatkan ketahanan tubuh dengan menguatkan sistem imun, sehingga tubuh dapat memerangi virus penyebab flu.

 

Lalu, apa yang harus kita lakukan saat terkena flu? Simak tips berikut!

Tincture Peningkat Daya Imun Tubuh


Tahukah Anda?

Cuaca yang tak menentu, aktivitas sehari-hari yang padat serta pola hidup yang tidak seimbang membuat batuk dan flu makin mudah menyerang.

Klik di sini!